MBG di Lubuk Linggau Jadi Penggerak Ekonomi Lokal dan Penguatan Pangan Daerah
Pemerintah menyadari betul pentingnya masa pertumbuhan sejak dini, MBG bukan sekedar pemenuhan makan
Sektor industri kecantikan, produk kosmetik dan perawatan pribadi di Thailand merupakan salah satu yang terbesar di Asia Tenggara.
Potensi kuat industri kecantikan Thailand akan diungkap dalam acara 'Thailand Cosmetics & Personal Care Business Matching’ di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, 25 Juli 2023.
Acara berupa seminar dan business matching ini akan menghadirkan para pengusaha kosmetik dan perawatan pribadi asal Thailand, dan para undangan terdiri dari para importir dan distributor produk kosmetik dan perawatan pribadi di Indonesia.
Peserta Dari Thailand
Pada acara 'Thailand Cosmetics & Personal Care Business Matching’, sebanyak 18 perusahaan kosmetik dan perawatan pribadi dari Thailand memastikan akan hadir.
Mereka adalah merek ternama seperti pada kategori skin care yaitu IN2IT, MILK PLUS, De Leaf Thanaka, Proud, MADELYN, Natural SERISIN Premium, Mc Jabrial, Natural MEDISILK Premium, P.O Care, USTAR-SIGNATURE, milk.
Untuk kategori hair care akan hadir merek BIOWOMAN dan NAROSE.
Sedangkan kategori body care akan hadir merek FAE, MAE, serta ORCHID WONDER.
Adapun untuk kategori herbal aroma spray atau parfume serta inhaler dengan merek AYATANA, KISS OF BEAUTY, dan IDOGRAGRANCE.
Serta untuk cosmetic beauty and spa akan hadir PATTRENA dan Merry Cosmetic Laboratory.
Peluang Kerjasama antara Thailand - Indonesia
Menurut Hataichanok Sivara, Direktur Thai Trade Center Jakarta, peluang kerjasama antara Thailand dan Indonesia di sektor kosmetik dan perawatan pribadi sangat menarik mengingat pertumbuhan pesat di kedua negara tersebut.
Salah satu peluang kerjasama yang dapat dieksplorasi adalah pertukaran pengetahuan dan teknologi antara kedua negara.
Thailand menjadi salah satu pusat kecantikan dan perawatan pribadi di Asia dengan banyak perusahaan kosmetik yang sukses dan inovatif.
Indonesia bisa memanfaatkan pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan Thailand dalam meningkatkan kualitas produk dan inovasi pada industri kecantikan di Indonesia.
Selain itu, kolaborasi dalam penelitian dan pengembangan produk bisa menjadi area kerjasama yang menjanjikan.
Kedua negara memiliki kekayaan alam yang melimpah, termasuk berbagai bahan alami yang dapat digunakan dalam formulasi produk kecantikan.
Dengan saling berbagi pengetahuan dan sumber daya, Thailand dan Indonesia bisa menciptakan produk-produk inovatif dan berkualitas tinggi menarik bagi pasar global.
Pertukaran profesional dan pelatihan bisa menjadi aspek penting dalam kerjasama antara kedua negara. Thailand memiliki industri kecantikan yang maju dan matang, sehingga dapat menyediakan peluang bagi tenaga kerja Indonesia memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan dalam industri kecantikan.
Selain itu, kerjasama dalam pemasaran dan distribusi bisa menjadi strategi efektif.
Dalam era digital dan penjualan online yang berkembang pesat, kedua negara dapat berbagi pengalaman dan strategi dalam memanfaatkan platform online untuk memasarkan dan menjual produk kecantikan mereka.
Dengan membangun kemitraan dan saling mempromosikan produk masing-masing, Thailand dan Indonesia dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing di tingkat regional maupun global.(*)